Batuk Kering

Batuk kering biasanya bukan merupakan menkanisme pengeluaran zat asing dan mungkin merupakan bagian dari penyakit lain. Batuk seperti ini tidak berguna dan harus dihentikan. Untuk ini ada obat-obatan yang bekerja menekan rangsangan batuk atau dikenal dengan nama antiusif. Beberapa obat yang termasuk jenis ini dan seirng digunakan adalah dekstrometorfan, noskapin dan kodein. Tetapi penggunaan noskapin dan kodein umumnya menggunakan resep dokter. jadi jika batuk Anda jenis batuk kering, carilah obat-obatan yang berisikan dekstrometorfan atau berlabel antitusif.

Batuk yang disebabkan alergi atau menderita asma ringan. Batuk kering biasanya merupakan batuk yang terjadinya di malam hari atau pagi hari dan biasnaya disertai ingus. Kondisi ini kerap membuat frustasi karena obatnya sering tidak manjur. Sebagian besar batuk kering tidak disebabkan oleh infeksi.

Namun, batuk yang disertai dengan demam, turunnya nafsu makan, atau turunnya berat badan harus diwaspadai karena ini merupakan kondisi yang serius. Batuk kering yang dikenak juga sebagai batuk rejan (pertusis), kerap menyerang anak-aak yang tidak diimunisasi DPT.

Pada batuk kering rangsangan juga dapat disebabkan oleh pengotoran udara yang tersering adalah debu atau asap rokok. Selaput lendir paru-paru juga ditutupi bulu getar yang menyapu lendir dengan debu ke luar (jurusan mulut). merokok merusak bulu getar ini, lendir tidak bergerak lagi dan teriritasi dengan demikian terbentuk batuk perokok. Batuk juga bisa diakibatkan oleh kepekaan berlebihan terhadap suatu zat (alergi) misalnya pada asma.

Batuk kering juga dapat terjadi sebagai akhir dari gejala flu. Flu yang menyerang lebih sering disertai oleh batuk kering akibat lendir di dalam hidung yang keluar terus-menerus membuat tenggorokan menjadi kering dan teriritasi kemudian timbul batuk kering sebagai ekskresi dari flu yang menyerang.

Adapula beberapa hal yang mempengaruhi terjadinya batuk kering, adalah :

1. Adanya infeksi virus. Seseorang yang telah sembuh dari flu, biasanya gejala terakhir atau penyakit terakhir yang menyerang adalahh batuk kering yang dapat terjadi selama beberapa minggu atau beberapa hari. Batuk kering akan semakin berat dirasakan ketika malam hari dan hal ini tentunya cukup mengganggu, sehingga membuat seseorang mengalami ganggunan tidur akiba batuk kering dan rasa gatal di tenggorokan.

2. Bronchospasme. Batuk kering yang disebabkan oleh bronchospasme atau penyempitan saluran pernapasan pada bronkus yang sering terjadi di malam hari diakibatkan oleh iritasi yang terjadi di bronkus atau tenggorokan, sehingga memaksa seseorang untuk batuk.

3. Alergi debu, alergi dingin. Batuk kering yang disebabkan oleh alergi ini dapat disertai dengan bersin-bersin yang terbilang sering.

4. Asma. Batuk kering juga dapat dijadikan sebagai suatu alasan dari gejala awal timbulnya asma

5. Efek penggunaan obat-obatan. Pemakaian obat-obatan yang terbilang sering memberi efek pada penurunan sistem tubuh sehingga tubuh menjadi kebal terhadap antibiotik. Dan sebagaian besar batuk lebih sering disebabkan oleh infeksi virus dan antibiotika.


=====================================

>>> Obat Batuk Kering, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batuk Kering and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>