Cara Mengobati Batuk Kering

Cara Mengobati Batuk KeringBatuk memang diperlukan untuk membantu dalam membersihkan tenggorokan dan saluran udara di sekitar organ pernapasan. Batuk dapat berupa batuk kering. Ketika seseorang mengalami batuk kering, tidak mengeluarkan dahak yang menyertai batuk. Batuk kering umumnya disertai oleh flu yang dapat berlangsung dalam beberapa hari atau bahkan dalam beberapa minggu. Batuk kering lebih seirng dialami oleh mereka yang perokok aktif.

Cara Mengobati Batuk Kering

Cara Mengobati Batuk Kering

Cara mengobati batuk kering umumnya dapat disembuhkan dengan obat-obatan yang biasa dijual di apotik atau toko obat. Namun adapula yang menggunakan resep dokter, jika batuk kering yang dialami mengalami komplikasi atau akibat bawaan penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan.

Batuk kering adalah batuk yang disebabkan oleh kuamn dan bakteri yang mungkin dapat disebabkan oleh penyakit TBC yang disebabkan oleh bakteri turbelcle bacili. Batuk juga berhubungan langsung dengan organ paru-paru dan penyakit seputar paru-paru. Gejala batuk kering ini dapat berupa :

1. Batuk dapat terjadi dalam beberapa hari atau beberapa minggu atau lebih
2. Batuk kering akibat penyakit TBC terkadang disertai dengan pengeluaran darah
3. Dapat disertai demam di malam hari, sehingga membuat seseorang mengalami kesulitan tidur
4. Menurunnya selera makan dan berat badan
5. Terkadang dada dan rongga perut terasa sakit ketika batuk
6. Mudah merasa lelah ketika beraktifitas
7. Merasa pusing atau sakit kepala akibat batuk kering yang cukup mengganggu
8. Memaksa untuk menekan tenggorokan agar batuk itu terjadi

Cara mengobati batuk kering dengan minum Obat batuk kering yang umumnya banyak diresepkan oleh dokter. obat batuk kering yang mengandung sifat antitusif dan ekspektoran. Obat batuk kering dengan kandungan antitusif yang berfungsi untuk menekan batuk, namun efek samping yang ditimbulkan kerap diserang rasa kantuk dan gangguan lambung. Obat batuk kering antitusif ini kebanyakan membuat rasa kantuk, yang dimaksudkan untuk mengistirahatkan diri dan meredam batuk dan jika terjadi gangguan ekskresi pada lambung merupaka efek samping yang wajar terjadi.

Obat batuk kering bersifat ekspektoran. Obat batuk jenis ini umumnya bersifat untuk mengeluarkan dahak dalam tenggorokan yang sulit dikeluarkan atua mengenderkan dahak sehingga dahak dengan mudah dikeluarkan.

Adapula batuk kering yang parah hingga harus ditangani oleh dokter. obat batuk yang dijual bebas biasanya cukup aman jika diminum dengan dosis yang tepat. Ada dua kategori obat batuk sebagai penunjang cara mengobati batuk kering yang tersedia di pasaran :

1. Supresan yang dapat mengurangi rasa ingin terus batuk-batuk
2. Ekspektoran yang membantu pengeluaran dahak tetapi pada awalnya meningkatkan batuk-batuk.

Selain dengan memberikan obat dokter atau obat medis, ada cara lainnya yang bisa membantu mengatasi masalah batuk kering dengan menggunakan obat alami. Cara mengobati batuk kering secara alami bisa dengan menggunakan ramuan alami yang bisa Anda buat sendiri dirumah ramuannya.

Cara mengobati batuk kering dengan herbal adalah :

  1. Menggunakan kulit jeruk mandarin. Kulit jeruk mandarin bisa membantu untuk mengatasi masalah batuk kering. Cara membuat ramuan ini adalah dengan merebus sekitar 10 gram kulit jeruk mandari yang kering yang kemudian dicampurkan dengan 25 gram kencur yang diiris dengan tipis-tipis. Minumlah ramuan ini dua kali sehari dalam keadaan ramuan yang masih hangat.
  2. Bunga mawar bisa membantu untuk mengatasi batuk kering. Ramuan alami ini dibuat dengan bahan bunga mawar segar sekitar 10 gram, dan kemudian di tim dengan menggunakan air secukupnya saja dan tambahkan dengan gula batu sesuai dengan selera Anda. Minumlah ramuan ini sebanyak 2 kali sehari.
  3. Air garam
    Hal yang sederhana yang bisa Anda lakukan dirumah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Caranya adalah rebus sekitar 2 gelas air dengan 2 sendok makan garam meha, kemudian tunggulah sampai larutan ini suam-suam kuku sebelum Anda gunakan untuk berkumur. Kemudian ulangi pengobatan alami ini sebanyak 3 kali sehari.
  4. Madu dan Lada
    Madu mempunyai sifat sebagai antibiotik. Kombinasi dari madu dan merica merupakan obat alami yang baik untuk membantu mengatasi masalah batuk kering. Cara membuat ramuan alami ini adalah dengan ambil satu sendok makan madu dan sejumput merica bubuk kemudian diaduk dengan merata. Setelah itu, jilatlah campuran ini perlahan-lahan, dan lakukan setiap kali sesudah makan. Obat ini bisa membantu untuk mengatasi masalah batuk kering.
  5. Vitamin C
    Mengonsumsi dan mencukupi kebutuhan vitamin C merupakan salah satu obat alami yang bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Cara mengonsumsi vitamin C ini Anda bisa mengonsumsi suplemen atau juga makanan yang mengandung vitamin C untuk mencukupi kebutuhan vitamin C tubuh sehari-hari. Vitamin C bisa Anda dapatkan dari buah pepaya, jeruk, dan lemon yang kaya akan vitamin C.

Cara Mengobati Batuk Kering


=====================================

>>> Obat Batuk Kering, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batuk Kering and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>