Gejala Batuk Kering

Gejala Batuk Kering – batuk ini sering terjadi pada bayi, anak-anak, orang dewasa bahkan orang tua. Batuk kering memang sangat diperlukan karena membantuk dalam membesihkan tenggorokan dan saluran pernafasan, batuk dapat berupa batuk produktif atau batuk kering. Ketika seseorang mengalami serangan batuk kering mungkin berjalan bersama dengan flu biasa namun jika tetap selama lebih dari delapan minggu dapat dikatakan  sebagai batuk kering. Terkadang orang yang menderita batuk kering akan merasakan adanya sensasi nyeri atau ada yang menganjal pada tenggorokan, mungkin merasakan sensasi menggelitik atau gatal  sehingga merangasang batuk untuk menyingkirkannya tetapi walaupun sudah batuk masalah tak kunjung lega.

Cara Mengobati Batuk Kering

Batuk Kering

Batuk adalah sebuah refleks fisiologi untuk melindungi tubuh dari benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan dalam jalannya melalui tenggorokan ada banyak ramput getar yang bergerak dan berfungsi untuk menyapu bersih benda-benda asing yang masuk ketenggorokan dan tubuh berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk, namun tetapi batuk menjadi penyakit gejala batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering biasanya lebih banyak terjadi karena ada reaksi dingin atau infeksi yang menyerang paru-paru seperti bronkitis, pneumonia, asma atau beberapa penyakit langka seperti kanker paru-paru. kemudian tubuh akan membentuk reaksi dengan menghasilkan lendir atau batuk berdahak. Kondisi ini bisa berubah menjadi batuk berdahak.

Ada beberapa penyebab terjadinya penyakit batuk kering :

  1. Alergi

Batuk kering bisa menjadi reaksi alergi terhadap debu atau partikel kecil seperti serbuk sari dan bulu binatang. Alergi bisa menyebabkan reaksi sesaat dari peradangan yang terjadi pada bagian hidung dan mata. Kemudian peradangan bisa menjalar hingga ke bagian dalam dan menyebabkan paru-paru menerima reaksi dan membuat batuk kering karena alergi sering sembuh sendiri dalam waktu yang pendek dan hanya perlu keluar atau jauh dari penyebab alergi.

  1. Stress

Orang yang memiliki tekanan berat dan menyebabkan stres juga bisa menjadi batuk. Batuk kering terjadi ketika Anda merasa stress atau tertekan maka ruang pernafasan menjadi lebih sempit. Paru-paru kemudian akan mengembangkan reaksi berupa batuk yang bisa menyebabkan pernafasan jauh menjadi lebih nyaman. Jika batuk kering bisa sembuh sendiri ketika stress sudah berkurang maka tidak memerlukan perawatan. Namun ketika batuk tidak bisa berhenti dan lebih memburuk maka terapi untuk mengatasi stres memang sangat diperlukan.

  1. Efek Samping Obat-obatan

Batuk kering biasanya banyak dialami oleh penderita penyakit tekanan darh tinggi. Obat batu menurunkan tekanan darah sering menyebabkan reaksi alergi berupa batuk ketika tubuh menerima  obat dalam jangka panjang maka tubuh tidak selamanya bisa menerima. Efek samping pada obat-obatan menjadi gejala batuk kering, cara menghindarkannya.

  1. Coklat

Orang yang memakan coklat berlebihan juga bisa terkena batu kering, coklat memiliki sifat yang sama seperti susu dan gula putih berlebihan makan coklat hanya akan membuat tenggorokan menjadi sangat sensitif. Bahkan batuk ketik yang terjadi karena reaksi alergi coklat bisa menyebabkan asma dan flu yang cukup berat. Coklat sebaiknya juga tidak diberikan ketika kondisi tubuh sudah lemah karena flu atau batuk sebelumnya.

Jenis Batuk Kering dibagi lagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Batuk kering biasa – Paling sering disebabkan oleh infeksi virus dari hidung dan tenggorokan. Di mana Anda akan mengalami batuk terus menerus dengan perasaan ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan. Biasanya akan sembuh dalam 1 atau 2 minggu.
  • Batuk menggonggong atau croup – batuk yang begitu gigih dan sampai-sampai suaranya mirip dengan lolongan anjing, terutama terlihat pada penyakit laringitis (Pembengkakan atau infeksi pita suara). Ketika pasien batuk, ada rasa sakit di tenggorokan dan kesulitan bernafas.
  • Batuk rejan – disebut juga dengan batuk 100 hari atau pertusis, yang disebabkan oleh bakteri. Saat ini kejadiannya sangat jarang karena adanya program imunisasi (DPT) yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia. Kondisi ini biasanya hanya terlihat pada anak-anak. Ini adalah batuk di mana pasien batuk terus menerus, setelah itu ada suara teriakan karakteristik dan suara keras tarikan sesak napas.

Pengobatan Batuk Kering

Meskipun langkah terbaik sebelum melakukan pengobatan adalah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, namun jika Anda belum sempat ke dokter dan batuk yang Anda alami begitu mengganggu maka tidak ada salahnya melakukan pengobatan rumahan atau menggunakan obat yang dijual bebas, tapi harus dipastikan bahwa batuk Anda memang batuk kering dan bukan batuk berdahak. Di apotek banyak pilihan obat batuk, pastikan Anda pilih obat batuk kering sesuai kondisi Anda saat ini. Pada kasus batuk kering yang disebabkan oleh alergi atau infeksi, maka mau tidak mau harus menggunakan resep obat antibiotik dan anti-histamin yang masing-masing bekerja meringankan gejala.

Langkah Pencegahan Batuk Kering

Berikut adalah beberapa cara sederhana dan mudah untuk mecegah agar batuk kering tidak menyebar ke orang lain:

  • Jika Anda menderita batuk, tutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin
  • Selalu mencuci tangan secara menyeluruh dengan air dan sabun

Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda hindari ketika Anda sedang menderita batuk kering:

  • Hindari mengonsumsi makanan dingin (es)
  • Hindari makan berlebihan di malam hari
  • Hindari tidur dengan kepala datar dengan punggung
  • Hindari makan makanan yang digoreng
  • Hindari asap rokok Hindari minuman berkafein

Gejala Batuk Kering

Cara Pemesanan Obat Batuk
Membantu Mengobati Berbagai Jenis batuk, Meringankan dan Membantu Mengeluarkan Dahak, Serta Mengatasi Alergi Penyebab Batuk

Harga 1 Botol Obat Batuk Isi 50 Kapsul = Harga Rp.115.000,-/Botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Batuk, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (Untuk menentukan ongkos kirim)


=====================================

>>> Obat Batuk Kering, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batuk Kering and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.