Mengobati Batuk Kering

Batuk kering merupakan batuk yang tanpa disertai dahak atau sekresi dari saluran pernapasan. Batuk kering dapat menyebabkan iritasi dan luka pada tenggorokan sehinigga terasa sakit. Batuk kering ini sering menyerang manusia dikala perubahan musim. Pada masa perubahan cuaca, suhu lingkungan menjadi tidak menentu dan berbagai penyebab batuk seperti debu, asap rokok, asap kendaraan dan lingkungan yang mulai terpapar dengan kotoran. Debu dan polusi udara lainnya merupakan bagian dari partikel halus yang mudah masuk ke dalam saluran pernapasan manusia.

Batuk kering akibat terpaparnya tubuh dengan berbagai mikroorganisme yang masuk dalam tubuh akibat perubahan cuaca dan mempengaruhi penurunan sistem kekebalan tubuh. Batuk kering dalam waktu yang cukup lama bahkan hingga beberapa minggu. Batuk kering diawali dengan gejala rasa gatal di batang tenggorokan yang memaksa seseorang menekan tenggorokan agar menjadi batuk. Batuk kering tidak disertai dahak sehingga membuat tenggorokan menjadi sakit, kebanyakan mereka yang mengalami batuk kering hingga menyebankan rasa sakit di perut, karena ketika batuk terjadi, batuk menarik rongga perut.

Batuk kering sebenarnya dapat disembuhkan dengan pengobatan yang diresepkan oleh dokter. batuk kering juga dapat disembuhkan sendiri dengan penanganan yang tersedia dalam dua kelompk obat bebas yaitu obat yang memiliki kandungan zat-zat perendam rangsangan dan antihistamin.

- Zat perendam rangsangan. Untuk meredakan rangsangan batuk pada batuk kering yang menggelitik, tersedia dua obat yang terbukti efketif yaitu noskapi (LongatinNeocoidn) serta dekstrometrorfan (Romomilar, Siladex sirop). Obat-obat ini menekan penerusan rangsangan batuk ke pusat batuk.

- Antihisatmin juga memiliki efek meredakan rangsangan batuk, di samping khasiatn utamanya melawan reaksi-reaksi alergi (demam musiman, gatal). Antihistamin terkenal adlah difenhidramin ( Bendryl sirop) dan prometazin (Phenergan sirop). Sirop dengan promtazin sebaiknya jangan diberikan pada anak-anak dengan usia di bawah 1 tahun.

- Gula-gula (drop,permen) pada keadaan darurat juga dapat meringkan batuk karenan gerakan menelan sudah memberikan efek menekan rangsangan batuk kering.

Semua obat ini sebaikya jangan digunakan pada batuk berdahak yang menghasilkan banyak dahak. Hanya dalam keadaan tertentu penggunaannya dapat dibenarkan dan juga hanya untuk jangka waktu singkat, misalnya bila batuk hebat mengganggu tidur atau setelah pembedahan.

Minum cairan (teh) panas yang diberi madu dianjurkan untuk mengunragi iritasi jaringan tenggorok. Bila dengan penanganan sendiri setelah ± satu minggu batuk kering belum juga hilang atau mereda, hendaknya pasien memeriksakan diri ke dokter. ada kemungkinan batuk disebabkan oleh suatu penyakit serius, seperti TBC dan tumor. Bila batuk disertai muntah-mintah terutama pada anak-anak, haruslah kita sangat waspada karena gejala ini menunjukkan kemungkinan batuk rejan.


=====================================

>>> Obat Batuk Kering, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batuk Kering and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>